Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Direktorat
Pengendalian SDPPI luncurkan aplikasi Trouble Ticket untuk percepat penanganan
gangguan Spektrum Frekuensi Radio.
“Saat ini aplikasi trouble ticket sudah terintegrasi dengan beberapa aplikasi Layanan lainnya seperti Spectraweb, SIMS, ROL, Amatir (IAR/IKRAP) dan Tableau Dashboard.
Di dalam sistem tersebut juga telah tersedia sistem monitoring kecepatan penanganan gangguan SFR serta pembuatan draft laporan otomatis”ucap Ketua Tim Kerja
Penertiban Spektrum Frekuensi Radio (SFR) dan Alat Perangkat Telekomunikasi
(APT) Hasyim Fiater, Jumat (17/03/2023).
Direktorat
Pengendalian SDPPI melalui Tim Kerja Penertiban SFR dan APT melaksanakan
kegiatan Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Trouble Ticket Wilayah Sumatra dan
Kalimantan. Kegiatan diselenggarakan pada 17 Maret 2023 bertempat di
SwissBelhotel Harbor Bay Batam yang diikuti oleh perwakilan Unit Pelaksana
Teknis (UPT) di wilayah Sumatra dan Kalimantan.
Dalam
sambutannya Hasyim Fiater menjelaskan mengenai adanya audit kinerja BPK
terhadap layanan berupa tindak lanjut penanganan gangguan frekuensi, atas dasar
hal tersebutlah di buat aplikasi trouble ticket. “Saya meminta tolong kepada
teman-teman UPT untuk lebih giat melaksanakan kegiatan sosialisasi aplikasi
kepada masyarakat atau user” sambungnya.
Pada
kesempatan ini Ketua Tim Kerja Penertiban SFR dan APT mengingatkan bahwa
apabila ada gangguan terkait dengan keselamatan harus menjadi prioritas.
“Apabila ada laporan yang terkait dengan keselamatan harus didahulukan sesuai
dengan Perdirjen SDPPI Nomor 6 Tahun 2020 tentang Monitoring dan
Penanganan Gangguan Spektrum Frekuensi Radio ” tegas Hasyim.
Lebih
lanjut Ia menjelaskan bahwa terkait dengan beberapa kasus gangguan spektrum
frekuensi radio berikut beberapa solusi untuk close penanganan gangguan SFR.
Pertama untuk masalah pengguna spektrum frekuensi radio yang keduanya telah
memiliki Izin Stasiun Radio (ISR), maka dapat dilaporkan di pusat, kedua, untuk
masalah kasus BMKG dapat langsung diclose dengan risalah rapat bersama, yang
mana nantinya tim dari UPT dapat langsung melaporkan kendala yang dihadapi oleh
UPT.
Kegiatan
sosialisasi dilanjutkan paparan dari narasumber, lalu sesi tanya jawab oleh
para peserta. Beberapa masukan dari peserta nantinya akan dijadikan dasar untuk
pengembangan aplikasi trouble tiket penanganan gangguan SFR pada tahun 2023.
(Sumber/
Foto : Rafli (Direktorat Pengendalian SDPPI)
0 comments:
Posting Komentar